Perbedaan Jack Audio TS, TRS dan TRRS

 ARTIKEL  
Sumber : https://www.cablechick.com.au

Mungkin Anda pernah mendengar istilah TRS dan TRRS pada tipe jack audio. Sebenar ada 3 tipe jack audio, yaitu TS, TRS dan TRRS.

A. Audio Jack tipe TS (Tip-Sleeve)


Audio Jack TS (Tip-Sleeve) adalah Audio Jack yang terdiri dari dua konduktor saja yaitu bagian konduktor Tip dan bagian Konduktor Sleeve. Tip biasanya dihubungkan ke signal audio sedangkan bagian Sleeve dihubungkan ke Ground. Audio Jack TS ini biasanya digunakan untuk mikrofon ataupun Audio yang bermodel mono (suara kanan dan suara kiri sama saja).

B. Audio Jack tipe TRS (Tip-Ring-Sleeve)


Audio Jack TRS (Tip-Ring-Sleeve) ini memiliki tiga bagian konduktor yaitu konduktor Tip, konduktor Ring dan konduktor Sleeve. Pada umumnya, bagian konduktor Tip dihubungkan ke kanal kiri audio (Left Channel) dan bagian Ring dihubungkan ke kanal kanan audio (Right Channel) sedangkan bagian konduktor Sleeve dihubungkan ke Ground. Audio Jack TRS ini mendukung audio dengan mode Stereo.

C. Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)


Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve) adalah tipe Audio Jack yang paling lengkap karena terdapat empat bagian konduktor yaitu 1 konduktor Tip, 2 konduktor Ring dan 1 konduktor Sleeve. Biasanya, Audio Jack TRRS yang berukuran 3,5mm ini digunakan untuk mendengarkan musik dan berkomunikasi di hampir semua jenis Smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Konfigurasi Audio Jack TRRS ini pada umumnya adalah konduktor Tip untuk audio kanal kiri (Left Channel), konduktor Ring pertama untuk audio kanal kanan (Right Channel), konduktor Ring kedua untuk Ground dan konduktor Sleeve untuk Mikrofon.

Sumber : - http://blog.mklec.com/trrs-and-trs-plugs-and-sockets-explained/
- https://www.cablechick.com.au/blog/understanding-trrs-and-audio-jacks/
- https://teknikelektronika.com/pengertian-audio-jack-jenis-audio-jack/

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2018. Shop Okeguru - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger